Mesin berteknologi VVT-i yang sekarang melanda mobil-mobil di Indonesia, diklaim produsen mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.
VVT-I atau Variable Valve Timing-Intelligent (sering disalah artikan dengan injection) bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan pintar waktu buka tutup valve yang variatif.
Konsep teknologi VVT-i adalah mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan yang menghasilkan konsumsi BBM yang efisien dan tingkat emisi bahan bakar yang sangat rendah. Itulah sebabnya kendaraan bermsein teknologi VVT-I sanggup menghasilkan tenaga yang besar sekalipun kapasitas cc silinder mesin kecil.
Mekanisme kerjanya cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Contrlol Unit) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerator) dan temperature air. Agar target valve timing selalu tercapai, sensor posisi chamshaft atau chrankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi.
Mudahnya system VVT-i akan terus mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung demi menghasilkan torsi yang optimal di setiap putaran dan menghemat konsumsi BBM.
Pemeliharaan mobil yang sudah berteknologi VVT-i sangat mudah, karena adopsi teknologi VVT-i ke mesin mobil juga memberikan kelebihan minimnya biaya pemeliharaan yang harus ditanggung. Sebab tune up seperti setel klep dan lain sebagainya tidak diperlukan lagi.
Namun demikian, sebaiknya tetap lakukan service berkala, hindari sembarangan bengkel, dan gunakan oli yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan mobil. Memilih sembarangan bengkel untuk mobil menjadi pantangan, pasalnya mesin ini memerlukan diagnosa komputer khusus yang hanya tersedia dibengkel resminya. Suatu hal yang masih sulit dilakukan pemilik mobil mayoritas di Indonesia yang umumnya mengutamakan mobil yang serbaguna, handal, terjangkau, dan tidak sulit perawatan dan bengkel saat darurat.
Sumber berita:
situsotomotif.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar