MUSIK DIGITAL

|
Kini para penikmat musik tidak perlu susah untuk mendengarkan lagu yang disukai nya, tidak seperti jaman dahulu, bila ingin mendengarkan musik kita harus membeli kaset yang berbentuk pita atau kepingan disc. Sekarang di era music digital sebuah lagu tidak lagi berbentuk benda berupa kaset atau kepingan disc.
Kini sebuah lagu sudah berbentuk format seperti mp3, AAC, atau WMA, yg tidak terlihat bentuknya. Untuk mendengarkan alunan musik, kita hanya perlu sebuah pemutar musik digital seperti iPod untuk memutar musik tersebut. Sebuah pemutar musik digital dapat menyimpan ratusan bahkan puluhan ribu lagu, itu tergantung dengan kapasitas memorinya.
Banyaknya pemutar musik digital yang mendukung format ini membuat era baru musik digital. Misalnya kalau sebelumnya, musik di-ripped- istilah untuk ekstraksi audio digital – dan terperangkap di PC dan Mac dengan aplikasi semacam iTunes. Kini dengan hadirnya iPod sebagai peranti musik portable canggih yang pernah diciptakan, terjadi perpaduan kenyamanan web dengan portabilitas dan fungsi sebagai sebuah platform yang benar-benar universal. Hal lain yang mendukung transformasi media sang musik adalah tindakan label-label besar yang meninggalkan sistem proteksi musik digital atau digital right management (DRM)..
Untuk mendapatkan lagu pengguna bisa mengunduh nya lewat internet , ada beberapa situs yang menyediakan lagu yang dapat diunduh secara langsung (gratis) atau berbayar. Lagu yang ditawarkan berformat digital. Misalnya situs www.napster.com yang cukup digandrungi kala itu namun harus berakhir karena dianggap melanggar hak cipta. Ada pula Insound, Rhapsody, dan Apple iTunes Music Store, Lala.com, mdu04522.com dan lain sebagainya. Selain itu di Indonesia kini ada pula toko musik digital secara online misalnya equionxdmd dan Import hingga Digital Beat Store.

Kelebihan
Musik dalam format digital:
•format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan
•kualitas copy yang serupa dengan master memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu
•proses penjualan dengan pendekatan single atau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD

Kekurangan
musik digital memiliki beberapa kekurangan juga yaitu :
•kemudahan perekaman dan penggandaan rekaman memacu terjadinya pembajakan yang tentu saja akan merugikan
•penyebaran musik digital di internet tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh label sehingga mempengaruhi pemasukan untuk label.

1 komentar:

Chakra Sendi mengatakan...

bicara soal musik digital, silahkan main ke warung aku di www.dolananmusik.blogspot.com... aku tunggu ....

Posting Komentar